16.6.12

Toraja Elieser Sallo

Foto: Elieser Sallo

Budaya Toraja Yang Fenomenal

Sekarang kita sedikit mengulas Perbincangan saya dengan anak Toraja

Beliau ada di Batam, kebetulan satu kerjaan...
Saat itu pas hari Minggu saat makan siang di sebuah Pujasera Blog Q dormitory Muka kuning Batam
Nama Beliau "Elieser Sallo"




Jika kita mendengar Kata Toraja, pasti yang ada dipikiran kita hanya satu yaitu Budaya memakamkan orang yang sudah meninggal ke Gua yang bebatuan                
Atau membangunkan orang mati dan
berjalan sendiri.. Aneh memang tapi itulah nyatanya.







Tapi yang kami perbincangkan disini beda, yaitu "Menyimpan Jasad Orang Meninggal" di dalam rumah hingga bertahun - tahun. Saya heran dengarnya.."Hello...ne jaman Facebook.....
Pertanyaannya: Kenapa bisa!!

Berikut Petikannya"
Elieser Sallo www.facebook.com/lizersallo:



"Di kampung kami hal seperti itu sudah-la hal yang biasa di temukan, bahkan ada yang menyimpan jasad yg sudah meninggal hingga 2 Tahun... Hanya satu alasannya, adalah Belum punya Uang untuk buat adatnya....
Karna kami akan sangat malu dengan masyarakyat apabila kami makamkan tanpa mengadakan Acara sebagaimana layaknya budaya kami."



Biaya yang dibutuhkan Tergantung...bahkan sampai Ratusan Juta,
Jadi kami mencari duit sebanyak - banyaknya agar Jasad tersebut di buat acaranya.... Namun masalah yang sering kami hadapi, sebagai pekerja biasa..apalagi jaman sekarang,,,..... kapan bisa mengumpul;kan duit sebanyak itu.



Inilah tanggapan saya:
Saya memang sangat menghargai budaya setiap suku Apapun... Namun mengingat Agama dan Susahnya mencari nafkah sekarang ini, hal yang sangat rumit bagi saya mengumpulkan duit Ratusan Juta buat adat Pemakaman,







Mikirin yang hidup saja da mo gila...
ditambah lagi mikirin saat kita mati nanti.... (Anak kita yang stress)
 Tapi itulah namanya Budaya, yg memang harus di lestarikan
Aku rasa Budaya ini adalah Tantangan yang sangat berat buat Anak Toraja...


Salut dalam tanda kutip"
Moga Sukses "Elieser Sallo
Source: Elieser Sallo on June Batam

No comments:

Post a Comment