16.7.12

Rangkaian Kunci Pintu Elektronik



Berikut ini Gambar skema Rangkaian Kunci Pintu Elektronik beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Kunci Pintu Elektronik. Tensi ekonomi tinggi sedangkan daya beli rendah dan tingginya pengangguran menyebabkan angka kriminalitas tinggi pula. Tindak kejahatan pun sering terjadi dimana-mana. Baik di pusat-pusat ekonomi, jalan bahkan di rumah. Pintu rumah merupakan sasaran utama pencuri atau perampok untuk bisa masuk dan menjarah isi rumah. Untuk itu maka dipasanglah kunci, namun sayang kunci ini kunci biasa yang gampang dijebol dan tidak bisa memberi peringatan bagi penghuni rumah kalau ada seseorang masuk tanpa izin.

Jika keadaannya sudah demikian, tidak ada cara lain selain kita harus segera mencari solusi yang tepat. Anda pasti tidak ingin rumah Anda dijarah pencuri atau perampok kan? Makanya yuk kita amankan rumah kita dengan kunci elektronik. Nah, di bawah ini kami sajikan Rangkaian Kunci Pintu Elektronik buat. Gambar skemanya bisa Anda pelajari di bawah ini.

Merakit Rangkaian Kunci Pintu Elektronik ini relatif sederhana karena memanfaatkan komponen sangat sedikit. Satu hal penting yang harus dipertimbangkan dalam mngerjakan rangkaian ini adalah waktu yang diperlukan  setelah switch push button ditekan untuk kode mencapai IC utama. Akan ada penundaan kecuali semua kunci yang dimasukkan. Ketika urutan yang benar dari kode telah dimasukkan dengan benar, output dari Q7 akan diaktifkan sekitar 4 detik. Ini akan mendorong transistor Q2 yang pada gilirannya akan mendorong satu relay yang akan membuka pintu atau sirkuit lain terlampir.

No comments:

Post a Comment