28.6.12

Microsoft Merilis tablet Baru

http://www.mobilewhack.com/pics/2012/06/microsoft-surface-tablets-the-differences-between-rt-and-window.jpg

Perusahaan Raksasa "Microsoft " memperkenalkan komputer tablet dengan Brand Surface. Tablet ini merupakan komputer pertama dalam sejarah yang mengusung merek Microsoft.

Tablet Surface dilengkapi dengan keyboard dan fitur-fitur lain yang dimaksudkan untuk mendobrak dominasi Apple di sektor ini.
Senin kemarin, CEO Microsoft Steve Ballmer memperkenalkan tablet itu kepada para jurnalis. Produksi komputer tablet adalah taktik bisnis baru yang terpaksa diambil Microsoft, setelah raksasa peranti lunak itu harus bergegas memperkecil ketertinggalan di pasar peranti mobile.

Menurut Microsoft, model Surface yang terkecil memiliki ketebalan 9,3 milimeter dan berbobot 675 gram. Ini sekelas dengan Apple iPad, yang tebalnya 9,4 milimeter dan beratnya 653 gram. Tapi Surface memiliki layar 10,6 inci atau sedikit lebih besar dari iPad, dengan layar 9,7 inci.

Fitur Surface yang unik adalah tutup magnetnya yang dapat berfungsi sebagai papan tik. Tablet ini juga memiliki sandaran sendiri. Microsoft masih belum mengungkap apakah tablet ini bisa terkoneksi dengan jaringan data seluler, atau hanya bisa memakai Wi-Fi.

Harga Surface akan mirip dengan tablet yang setara, kata Steve Sinofsky, pemimpin Windows di Microsoft. Tablet itu akan dijual via online, serta melalui jaringan toko ritel Microsoft yang jumlahnya belum banyak.
Microsoft belum memberikan detail tentang kapan tablet ini mulai dijual. Namun mereka menyatakan Surface akan mulai muncul saat peranti lunak Windows 8 telah beredar luas, yang berarti sekitar paruh kedua tahun ini.

Surface akan memakai sistem operasi Windows 8, kata Ballmer. Beberapa modelnya akan memanfaatkan sistem operasi Windows RT, varian dari Windows 8 yang memakai cip komputer berbeda. Microsoft merancang khusus Windows 8 dengan mempertimbangkan pemakaian di komputer tablet.
Ballmer dan petinggi Microsoft lain menyiratkan Surface akan dapat menjalankan program produktivitas kerja seperti Microsoft Word dan Excel, jadi tidak hanya bisa dipakai untuk menonton film atau membuka internet.

Dengan memproduksi tablet sendiri, Microsoft menempuh jalan yang berisiko. Tablet baru ini berpotensi mengikis penjualan komputer tablet buatan pihak ketiga yang juga memakai peranti lunak Windows. Microsoft kini merambah lahan yang dikuasai produsen peranti keras seperti Dell, Hewlett-Packard, dan Lenovo. Ikatan bisnis yang dijalin Microsoft dengan para produsen itu bisa terancam.
—Dengan kontribusi dari Andrew Morse dan Ian Sherr.

No comments:

Post a Comment