1.7.12

Mesir, Militer Mesir Sreahkan Kekuasaan


Militer Mesir Serahkan Kekuasaan Kairo: Rezim militer Mesir yang berkuasa sejak lengsernya Presiden Husni Mubarak pada Februari 2011 lalu, berakhir. Militer memenuhi janjinya dengan mengalihkan kekuasaan kepada presiden terpilih Muhammad Mursi (media Barat menulis Mohamed Morsi--Red.).

Di hadapan prajurit militer dan simpatisan di Kairo, Sabtu (30/7) waktu setempat, Kepala Dewan Militer Mesir, Muhammad Hussein Tantawi resmi menyerahkan kekuasaan pada Presiden Mesir Muhammad Mursi.

Beberapa jam sebelumnya, Mursi, dilantik dan diambil sumpahnya di Makamah Konstitusi Mesir. Mursi bersumpah menjaga kepentingan rakyat, mempertahankan kemerdekaan dan keamanan bangsa, serta menjunjung tinggi undang-undang.

Mursi merupakan Presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis melalui pemilihan umum. Terpilihnya Mursi menumbuhkan harapan baru bagi warga Negeri Piramida yang selama 30 tahun berada di bawah cengkeraman kekuasaan Husni Mubarak. Diperkirakan, 800 demonstran lebih tewas dalam aksi menentang kepemimpinan rezim Mubarak.(ADI/ANS)

       Source: Liputan6.com,

No comments:

Post a Comment