1.2. Komponen Visual Basic
Sebagai pendukung untuk kelangsungan dalam perancangan sebuah program aplikasi, Visual Basic memiliki komponen-komponen yang semuanya telah disediakan pada lingkungan kerja Visual Basic.
a. Project
Project adalah kumpulan modul yang dimiliki oleh sebuah program dan sebagai kontrol utama dari program. Di Project ini terkandung komponen-komponen pendukung Visual Basic yang lain, seperti form, standard module, class module, dan lain-lain. Pada Visual Basic, data mengenai Project ditampilkan pada jendela Project Explorer yang berada di sisi kanan atas antar muka Visual Basic. Project disimpan ke dalam sebuah file berekstensi vbp (Visual Basic Project).
b. Form
Form adalah media interaksi antara program aplikasi dengan pengguna (user). Form merupakan sebuah penampung/kontainer dari objek kontrol -objek kontrol yang akan digunakan. Form juga sebagai penerima tugas dan memberikan reaksi terhadap perintah yang diterima. Dari pengertian tersebut, form dapat juga dikategorikan sebagai objek, karena memiliki sifat, bisa diperintah dan memberikan reaksi saat menemui suatu kejadian.
Jadi definisi form adalah sebuah objek kontrol penampung dari objek kontrol lain, dapat menerima tugas dan memberikan reaksi terhadap tindakan dari pengguna untuk kelangsungan sebuah program aplikasi. Apakah program itu? Program adalah kumpulan dari perintah-perintah yang dijalankan bersamaan atau dalam satu kesatuan waktu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Dalam Visual Basic, form ada beberapa jenis, contoh: Form Standard, Form Induk (MDIForm), Form Message (Message Box), Form Input (Input Box), Form Splash dan lain sebagainya. Tapi, dalam kategori desain, form dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
1. Form Dinamis
Yaitu form yang dapat dengan mudah didesain seperti diubah bentuk dan ukurannya, disisipi objek kontrol atau ditugasi perintah-perintah yang diingini program.
2. Form Statis
Yaitu form yang tidak dapat didesain dan hanya dapat dipanggil melalui rutin kode, contoh: MessageBox dan InputBox. Walaupun sebetulnya form ini dapat didesain, tapi pendesainannnya tetap saja harus melalui rutin kode.
c. Objek Kontrol
Objek kontrol adalah komponen yang terdapat pada Visual Basic yang digunakan untuk pengontrol (controler) atau pengaturan sebuah program. Macam-macam objek kontrol yang sering digunakan: Lable, TextBox, Frame, ComboBox, CommandButton, CheckButton, PictureBox, Image, OptionButton, dan lain-lain.
Pada antar muka Visual Basic, objek kontrol ditempatkan dalam sebuah kontainer yang dinamakan ToolBox, posisi ToolBox berada di sisi kiri antar muka Visual Basic.
d. Properti
Properti adalah sifat yang dimiliki oleh suatu objek, yang dapat diubah sesuai tujuan pemrograman. Properti digunakan untuk pengaturan letak dan ukuran sebuah objek kontrol, pengaturan data-data dan cara kerja dari sebuah objek.
Contoh properti diantaranya, Name, Text, Caption, Font, Left, Top, Enabled, SelStart, Visible dan lain sebagainya. Pengaturan properti dilakukan dengan dua cara, yaitu: pengaturan saat pendesainan (design mode) dan pengaturan saat program berjalan (run time mode).
Properti-properti yang dimiliki sebuah objek ditampilkan dalam sebuah jendela yang disebut Jendela Properties. Jendela ini berada di sebelah kanan antar muka Visual Basic.
e. Event
Event adalah sebuah peristiwa atau kejadian yang merupakan hasil interaksi dari perintah yang diterima oleh objek. Interaksi di sini bisa berasal dari media seperti: mouse dan keyboard atau dari link dengan aplikasi lain atau OLE (Object Link Embeeded).
Event suatu objek dikontrol atau diatur melalui baris perintah (kode program). Berikut ini event-event unuk suatu objek:
1. Event untuk Mouse: Click, DblClick, DragOver, DragDrop, MouseDown, Mouse Up, MouseMove.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub cmdHitung_Click()
'objek kontrol dengan nama cmdHitung
'akan melakukan perintah-perintah
'di bagian ini, saat cmdHitung tersebut
'diklik
End Sub
2. Event untuk keyboard: KeyPress, KeyDown, KeyUp.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub txtAngka_KeyPress( _
KeyAscii As Integer)
'objek kontrol dengan nama txtAngka
'akan melakukan perintah-perintah
'di bagian ini, saat kursor berada
'di objek kontrol ini, kemudian
'pemakai menekan sebuah tombol pada keyboard
End Sub
3. Event untuk perubahan: Activate, Deactivate, Load, QueryUnload, Unload, GotFocus, Initialize, Paint, Resize, Change.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub Form_Load()
'Form akan melakukan perintah-perintah
'di bagian ini, sesaat sebelum
'form ditampilkan
End Sub
4. Event OLE: LinkOpen, LinkClose, LinkExecute, LinkError, LinkNotify.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub Form_LinkOpen(Cancel As Integer)
'Form akan melakukan perintah-perintah
'di bagian ini, saat form melakukan
'LinkOpen dengan OLE
End Sub
5. Event lainnya: Timer, Scroll, Validate dan lain-lain. Ini adalah event spesial untuk objek kontrol tertentu.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub Timer1_Timer()
'perintah-perintah di sini umumnya
'digunakan dalam pemograman animasi
End Sub
f. Metoda
Metoda adalah prosedur atau fungsi yang sudah dimiliki oleh suatu objek dan digunakan untuk mengatur kelakuan dari objek tersebut. Metoda juga dapat diartikan sebagai tugas yang bisa dikerjakan oleh objek. Beberapa metoda yang sering digunakan, diantaranya: Hide, Show, SetFocus, Refresh, ZOrder, Move. Metoda ini sudah terdefinisi oleh Visual Basic dan dapt digunakan kapan saja dalam waktu yang berbeda.
Berikut ini contoh penggunaan suatu metoda:
Code: Select all
Private Sub cmdHilang_Click()
Me.Hide
End Sub
g. Module dan Class Module
Module merupakan sebuah tempat untuk mendeklarasikan variabel, prosedur atau fungsi. Atau gampangnya, module adalah tempat penulisan kode program. Ada tiga level (tingkatan) module, yaitu: module form, module standard/general dan module class. Deklarasi pada module form, akan menyebabkan variabel, prosedur atau fungsi akan dikenali oleh semua bagian dari module form tersebut. Deklarasi pada module general, akan menyebabkan variabel, prosedur atau fungsi akan dikenali oleh semua bagian dari project (bersifat public). Module general setara dengan form yang tidak mengandung objek.
Module class adalah module yang berupa objek kelas yang mempunyai properti dan metoda terdefinisi.
Sebagai pendukung untuk kelangsungan dalam perancangan sebuah program aplikasi, Visual Basic memiliki komponen-komponen yang semuanya telah disediakan pada lingkungan kerja Visual Basic.
a. Project
Project adalah kumpulan modul yang dimiliki oleh sebuah program dan sebagai kontrol utama dari program. Di Project ini terkandung komponen-komponen pendukung Visual Basic yang lain, seperti form, standard module, class module, dan lain-lain. Pada Visual Basic, data mengenai Project ditampilkan pada jendela Project Explorer yang berada di sisi kanan atas antar muka Visual Basic. Project disimpan ke dalam sebuah file berekstensi vbp (Visual Basic Project).
b. Form
Form adalah media interaksi antara program aplikasi dengan pengguna (user). Form merupakan sebuah penampung/kontainer dari objek kontrol -objek kontrol yang akan digunakan. Form juga sebagai penerima tugas dan memberikan reaksi terhadap perintah yang diterima. Dari pengertian tersebut, form dapat juga dikategorikan sebagai objek, karena memiliki sifat, bisa diperintah dan memberikan reaksi saat menemui suatu kejadian.
Jadi definisi form adalah sebuah objek kontrol penampung dari objek kontrol lain, dapat menerima tugas dan memberikan reaksi terhadap tindakan dari pengguna untuk kelangsungan sebuah program aplikasi. Apakah program itu? Program adalah kumpulan dari perintah-perintah yang dijalankan bersamaan atau dalam satu kesatuan waktu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Dalam Visual Basic, form ada beberapa jenis, contoh: Form Standard, Form Induk (MDIForm), Form Message (Message Box), Form Input (Input Box), Form Splash dan lain sebagainya. Tapi, dalam kategori desain, form dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
1. Form Dinamis
Yaitu form yang dapat dengan mudah didesain seperti diubah bentuk dan ukurannya, disisipi objek kontrol atau ditugasi perintah-perintah yang diingini program.
2. Form Statis
Yaitu form yang tidak dapat didesain dan hanya dapat dipanggil melalui rutin kode, contoh: MessageBox dan InputBox. Walaupun sebetulnya form ini dapat didesain, tapi pendesainannnya tetap saja harus melalui rutin kode.
c. Objek Kontrol
Objek kontrol adalah komponen yang terdapat pada Visual Basic yang digunakan untuk pengontrol (controler) atau pengaturan sebuah program. Macam-macam objek kontrol yang sering digunakan: Lable, TextBox, Frame, ComboBox, CommandButton, CheckButton, PictureBox, Image, OptionButton, dan lain-lain.
Pada antar muka Visual Basic, objek kontrol ditempatkan dalam sebuah kontainer yang dinamakan ToolBox, posisi ToolBox berada di sisi kiri antar muka Visual Basic.
d. Properti
Properti adalah sifat yang dimiliki oleh suatu objek, yang dapat diubah sesuai tujuan pemrograman. Properti digunakan untuk pengaturan letak dan ukuran sebuah objek kontrol, pengaturan data-data dan cara kerja dari sebuah objek.
Contoh properti diantaranya, Name, Text, Caption, Font, Left, Top, Enabled, SelStart, Visible dan lain sebagainya. Pengaturan properti dilakukan dengan dua cara, yaitu: pengaturan saat pendesainan (design mode) dan pengaturan saat program berjalan (run time mode).
Properti-properti yang dimiliki sebuah objek ditampilkan dalam sebuah jendela yang disebut Jendela Properties. Jendela ini berada di sebelah kanan antar muka Visual Basic.
e. Event
Event adalah sebuah peristiwa atau kejadian yang merupakan hasil interaksi dari perintah yang diterima oleh objek. Interaksi di sini bisa berasal dari media seperti: mouse dan keyboard atau dari link dengan aplikasi lain atau OLE (Object Link Embeeded).
Event suatu objek dikontrol atau diatur melalui baris perintah (kode program). Berikut ini event-event unuk suatu objek:
1. Event untuk Mouse: Click, DblClick, DragOver, DragDrop, MouseDown, Mouse Up, MouseMove.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub cmdHitung_Click()
'objek kontrol dengan nama cmdHitung
'akan melakukan perintah-perintah
'di bagian ini, saat cmdHitung tersebut
'diklik
End Sub
2. Event untuk keyboard: KeyPress, KeyDown, KeyUp.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub txtAngka_KeyPress( _
KeyAscii As Integer)
'objek kontrol dengan nama txtAngka
'akan melakukan perintah-perintah
'di bagian ini, saat kursor berada
'di objek kontrol ini, kemudian
'pemakai menekan sebuah tombol pada keyboard
End Sub
3. Event untuk perubahan: Activate, Deactivate, Load, QueryUnload, Unload, GotFocus, Initialize, Paint, Resize, Change.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub Form_Load()
'Form akan melakukan perintah-perintah
'di bagian ini, sesaat sebelum
'form ditampilkan
End Sub
4. Event OLE: LinkOpen, LinkClose, LinkExecute, LinkError, LinkNotify.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub Form_LinkOpen(Cancel As Integer)
'Form akan melakukan perintah-perintah
'di bagian ini, saat form melakukan
'LinkOpen dengan OLE
End Sub
5. Event lainnya: Timer, Scroll, Validate dan lain-lain. Ini adalah event spesial untuk objek kontrol tertentu.
Contoh:
Code: Select all
Private Sub Timer1_Timer()
'perintah-perintah di sini umumnya
'digunakan dalam pemograman animasi
End Sub
f. Metoda
Metoda adalah prosedur atau fungsi yang sudah dimiliki oleh suatu objek dan digunakan untuk mengatur kelakuan dari objek tersebut. Metoda juga dapat diartikan sebagai tugas yang bisa dikerjakan oleh objek. Beberapa metoda yang sering digunakan, diantaranya: Hide, Show, SetFocus, Refresh, ZOrder, Move. Metoda ini sudah terdefinisi oleh Visual Basic dan dapt digunakan kapan saja dalam waktu yang berbeda.
Berikut ini contoh penggunaan suatu metoda:
Code: Select all
Private Sub cmdHilang_Click()
Me.Hide
End Sub
g. Module dan Class Module
Module merupakan sebuah tempat untuk mendeklarasikan variabel, prosedur atau fungsi. Atau gampangnya, module adalah tempat penulisan kode program. Ada tiga level (tingkatan) module, yaitu: module form, module standard/general dan module class. Deklarasi pada module form, akan menyebabkan variabel, prosedur atau fungsi akan dikenali oleh semua bagian dari module form tersebut. Deklarasi pada module general, akan menyebabkan variabel, prosedur atau fungsi akan dikenali oleh semua bagian dari project (bersifat public). Module general setara dengan form yang tidak mengandung objek.
Module class adalah module yang berupa objek kelas yang mempunyai properti dan metoda terdefinisi.
No comments:
Post a Comment